Latest News

Jenderal TNI (Purn) Hari Sabarno

Jenderal TNI (Purn) Hari Sabarno (lahir di Solo, Jawa Tengah, 12 Agustus 1944; umur 66 tahun) adalah Menteri Dalam Negeri pada Kabinet Gotong Royong.Hari Sabarno adalah lulusan tahun 1967 dari Akademi Militer Nasional, Magelang.
Karier
Pada tanggal 12 Maret 2003, ia diangkat oleh Megawati Soekarnoputri menjadi Menteri Koordinator Politik dan Keamanan ad interim menggantikan Susilo Bambang Yudhoyono yang mengundurkan diri dari jabatan tersebut. Pada kabinet Gotong Royong, Hari Sabarno menjabat sebagai Mentri Dalam Negri. Sebelumnya Hari Sabarno menjadi ketua fraksi ABRI di DPR periode 1999-2004.

Kenaikan pangkat kehormatan
Pada tahun 2004, Hari Sabarno menerima kenaikan pangkat kehormatan dari Letnan Jenderal (purnawiranan) menjadi Jenderal (purnawirawan) bersama-sama dengan A. M. Hendropriyono. Kenaikan pangkat kehormatan ini sempat menimbulkan kontroversi.[1]

Kasus
Ketika menjabat Mendagri, terjadi kasus korupsi pengadaan Mobil Pemadam Kebakaran di 22 daerah di Indonesia tahun 2004-2005. Kasus ini menyeret mantan Dirjen Otonomi Daerah Oentarto Sindung Mawardi dan sejumlah kepala Daerah ke penjara. Oentarto dan sejumlah Kepala Daerah mengatakan Hari harus ikut bertanggungjawab dalam korupsi tersebut.

0 Response to "Jenderal TNI (Purn) Hari Sabarno"